PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL DENGAN CAMPURAN Recombinant Growth Hormone (rGH) PADA BUDIDAYA IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer)

Anov, Ersantyo Pratama (2021) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL DENGAN CAMPURAN Recombinant Growth Hormone (rGH) PADA BUDIDAYA IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1K016018-Skripsi Anov Ersantyo Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan hormon rGH serta mendapatkan konsentrasi hormon rGH yang dapat memberikan pengaruh terbaik pada benih ikan kakap putih (L. calcarifer). Penelitian dilakukan selama 28 hari menggunakan benih ikan kakap putih berukuran 7-8 cm, dengan ukuran wadah 20 L dan padat tebar 10 ikan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu, P1: tanpa hormon rGH (kontrol), P2: konsentrasi hormon rGH 0,5 mg/ml, P3: konsentrasi hormon rGH 0,6 mg/ml, P4: konsentrasi hormon 0,7 mg/ml. Parameter penelitian yang diamati adalah pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan sprsifik, rasio konversi pakan (FCR), efisiensi pemanfaatan pakan (EPP) dan survival rate (SR). Data yang diperoleh dianalisa sidik ragam (ANOVA) dan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi penambahan hormon rGH pada pakan komersil dapat mempengaruhi semua parameter penelitian kecuali rasio konversi pakan (FCR), dan survival rate (SR). Pemberian hormon rGH dengan konsentrasi 0,6 mg/ml (P3) merupakan konsentrasi terbaik karena memberikan pertumbuhan berat mutlak sebesar 4,03 g, pertumbuhan panjang mutlak sebesar 1,90 cm, laju pertumbuhan spesifik sebesar 1,32 %, dan efisiensi pemanfaatan pakan sebesar 29,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pakan komersial, recombinant growth hormon (rGH), kakap putih (Lates calcarifer).,
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:45
Last Modified: 17 Feb 2021 04:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21041

Actions (login required)

View Item View Item