ANALISA KECEPATAN ALIRAN DAN TINGGI VORTEX MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK AUTODESK COMPUTATION FLUID DYNAMIC (CFD) DENGAN VARIASI TINGGI BASIN CONE SUDUT CONE DAN DIAMETER OUTLET

Wisnu, Arga Prayudi (2021) ANALISA KECEPATAN ALIRAN DAN TINGGI VORTEX MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK AUTODESK COMPUTATION FLUID DYNAMIC (CFD) DENGAN VARIASI TINGGI BASIN CONE SUDUT CONE DAN DIAMETER OUTLET. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Wisnu Arga Prayudi (F1C016096).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pembangkit listrik tenaga air saat ini salah satu pilihan memanfaatkan sumber energi terbarukan, namun pemanfaatanya masih dalam skala kecil dan menggunakan teknologi yang sederhana. Jenis pembangkit listrik tenaga air sering di sebut microhydro atau sering disebut juga picohydro tergantung keluaran listrik yang di hasilkan pembangkit, microhydro adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang berskala kecil, karena pembangkit tenaga listrik ini memanfaatkan aliran air sungai atau aliran irigasi sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan turbin dan memutar generator. Turbin vortex adalah salah satu jenis turbin microhydro yang menggunakan pusaran air sebagai penggerak sudunya. Turbin vortex memiliki head yang relatif rendah 0,7 m – 3m dengan debit 50L/s. Turbin jenis ini sangat cocok digunakan untuk aliran sungai, karena kebanyakan sungai memiliki head yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi tinggi basin cone, susut cone dan diameter outlet, terhadap kecepatan aliran dan tinggi vortex di dalam basin, menggunakan perangkat lunak Autodesk Computational Fluid Dynamic 2019 (CFD). Adapun variasi tinggi basin cone yang digunakan sebesar 700 mm, 800 mm, 900 mm dan 1000 mm. Variasi sudut cone sebesar 49˚, 52˚, 55˚ dan 58˚. Sedangkan untuk variasi diameter outlet yang digunakan sebesar 85 mm, 100 mm, 115 mm dan 130 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan aliran terkuat terdapat pada tinggi basin cone 1000 mm dengan sudut cone 52 derajat dan diameter outlet 130 mm sebesar 1,526 m/s. Untuk ketinggian vortex tertinggi terdapat pada tinggi basin cone 700 mm dengan sudutcone 58 derajat dan diameter outlet 85 mm sebesar 516 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Turbin vortex, CFD, basin cone, sudut cone, diameter outlet
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 16:58
Last Modified: 17 Feb 2021 16:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21053

Actions (login required)

View Item View Item