KEANEKARAGAMAN DAN SEBARAN KOMUNITAS BIVALVIA DAN GASTROPODA DI ZONA PASIR PANTAI KEANEKARAGAMAN DAN SEBARAN KOMUNITAS BIVALVIA DAN GASTROPODA DI ZONA PASIR PANTAI MANDALIKA LOMBOK KEANEKARAGAMAN DAN SEBARAN KOMUNITAS BIVALVIA DAN GASTROPODA DI ZONA PASIR PANTAI

YAN, SARKIRIN (2021) KEANEKARAGAMAN DAN SEBARAN KOMUNITAS BIVALVIA DAN GASTROPODA DI ZONA PASIR PANTAI KEANEKARAGAMAN DAN SEBARAN KOMUNITAS BIVALVIA DAN GASTROPODA DI ZONA PASIR PANTAI MANDALIKA LOMBOK KEANEKARAGAMAN DAN SEBARAN KOMUNITAS BIVALVIA DAN GASTROPODA DI ZONA PASIR PANTAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YAN SARKIRIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Pembangunan parawisata dikawasan pesisir mandalika berpotensi akan mengganggu habitat dari Bivalvia dan Gastropoda, termasuk diarea pasir pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan sebaran jenis Bivalvia dan Gastropoda dizona pasir pantai Mandalika Lombok.Pengambilan data telah dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2020.Kegiatan pengambilan data diambil di pasir pantai menggunakan sekop dan diayak mengunakan ayakan dan kemudian dipilah untuk ditemukannya spesies. Spesies yang sudah didapatkan akan diidentifikasi di laboratorium Biologi Kelautan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram. Keankekaragaman jenis Bivalvia dan Gastropoda yang ditemukan di zona pasir pantai Mandalika Lombok Tengah sebanyak 35 spesies yang terdiri dari 18 spesies kelas Bivalvia dan 17 dari kelas Gastropoda dengan total 164 individu yang tersebar sangat variatif dikawasan Mandalika. Indeks keanekaragaman jenis Bivalvia dan Gastropoda tergolong sedang ( 1≤ H ≤ 3) yang menyatakan kondisi stabilitas komunitas cenderung stabil. Persamaan kondisi lokasi antar zona pasir pantai di kawasan Mandalika cenderung berbeda antar lokasi. Perbedaan tersebut kemungkinan disebabkan oleh perbedaan jenis dan intensitas pemanfaatan sumberdaya pesisir termasuk sumberdaya kerang (Gastropoda dan Bivalvia) dan pemanfaatan ruang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Bivalvia, Gastropoda, Pasir Pantai, Mandalika, Lombok.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:36
Last Modified: 18 Feb 2021 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21060

Actions (login required)

View Item View Item