PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

LALU, MUHAMAD ALI ZAKARIA (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. TESIS FINAL_Lalu Muhamad Ali Zakaria_I2E018011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar adalah bagian dari perencanaan pembelajaran. Bahan ajar penting dikembangkan untuk menfasilitasi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains dapat dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatifnya adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbasis masalah yang dipadukan dengan pendekatan brain based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kimia berbasis masalah dengan pendekatan brain based learning yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada langkah-langkah pengembangan 4D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Bahan ajar yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, dan instrumen evaluasi. Bahan ajar divalidasi oleh tiga ahli pendidikan Universitas Mataram. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA di Praya. Pada uji coba terbatas, subjek diambil satu kelas, sedangkan uji coba luas subjek terdiri dari 3 kelas. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif persentase, indek Aiken, Percentage of Agreement, dan N-gain. Data kevalidan menunjukkan bahwa komponen bahan ajar yang dikembangkan termasuk pada kategori sangat valid dan reliabel. Hasil analisis data kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran, respon guru dan pendidik terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dalam kategori praktis. Hasil analisis data keefektifan menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains baik secara umum, maupun indikator dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis masalah yang dipadukan dengan pendekatan brain based learning valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bahan Ajar Kimia, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Brain Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:19
Last Modified: 18 Feb 2021 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21065

Actions (login required)

View Item View Item