STRATEGI KOMUNIKASI LSM AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG NUSA TENGGARA BARAT DALAM KEGIATAN TRAUMA HEALING PASCA GEMPA LOMBOK UTARA 2018

Romi, Juniawan (2021) STRATEGI KOMUNIKASI LSM AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG NUSA TENGGARA BARAT DALAM KEGIATAN TRAUMA HEALING PASCA GEMPA LOMBOK UTARA 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_L1B015041_Romi Juniawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang rawan akan terjadinya bencana alam. Salah satu bencana alam yang terjadi yakni bencana alam gempa bumi yang melanda Lombok pada 29 Juli dan 5 Agustus 2018 lalu disusul beberapa kali gempa susulan. Gempa tersebut tidak saja menyebabkan kerugian materi tetapi juga menyebabkan gangguan psikologis terhadap masyarakat Lombok khususnya di Kabupaten Lombok Utara seperti depresi, stress, ketakutan didalam ruangan dan kecemasan yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi komunikasi LSM Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Nusa Tenggara Barat dalam kegiatan trauma healing pasca gempa Lombok Utara 2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan mulai dari bulan Agustus sampai dengan September 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi LSM Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Nusa Tenggara Barat dalam kegiatan trauma healing pasca gempa Lombok Utara 2018 adalah dengan menggunakan komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok dalam menerapkan metode play therapy, konseling dan Tapas Acupresssure Technique (TAT). Komponen strategi komunikasi yang digunakan meliputi relawan MRI sebagai komunikator, pesan yang disampaiakan dalam bentuk pesan verbal dan nonverbal, media yang digunakan berdasarkan metode trauma healing yang dipakai, komunikannya meliputi anak-anak, remaja dan orang tua serta efek yang terjadi yakni perubahan prilaku korban terdampak bencana gempa Lombok Utara 2018. Kesimpulannya yakni metode trauma healing yang digunakan yakni metode play therapy, konseling dan TAT dengan pendekatan komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok. Strategi komunikasi yang digunakan meliputi komponen relawan MRI sebagai komunikator, pesan yang disampaikan dalam bentuk pesan verbal dan nonverbal dengan acuan kepada sasaran komunikan dan metode yang digunakan, media yang digunakan mengikuti metode trauma healing yang dipakai, komunikan digolongkan berdasarkan usia dan efeknya terjadi perubahan prilaku korban terdampak gempa. Guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam program trauma healing kedepannya yakni melibatkan masyarakat setempat dalam perencanaan dan evaluasi pasca trauma healing untuk pembuatan strategi komunikasi lebih lanjut yang efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Strategi Komunikasi, Trauma Healing, Gempa Lombok
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:19
Last Modified: 18 Feb 2021 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21068

Actions (login required)

View Item View Item