ANALISIS PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC SHUNT BERBASIS PENYEARAH TERKONTROL

WINDI, FIKRAN TAUPANI (2021) ANALISIS PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC SHUNT BERBASIS PENYEARAH TERKONTROL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WINDI FIKRAN TAUPANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Motor DC shunt adalah salah satu motor DC yang mempunyai karakteristik kecepatan yang mudah diatur, Kecepatan motor DC harus diatur supaya mempunyai kecepatan steady state dan respon transient sesuai dengan yang diinginkan terlebih lagi ketika motor DC tersebut digunakan pada sistem yang membutuhkan ketepatan, respon yang cepat dan diberi beban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai kecepatan motor terhadap kecepatan referensi, dan untuk mendapatkan nilai kecepatan motor terhadap arus dan tegangan. Penelitian ini menggunakan software simulink mattlab. Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membuat rangkaian penyearah dengan module- module simulink yang telah disediakan pada mattlab dan mengubah-ubah beban torsi yang akan diberikan pada motor DC. Data akan dianalisis dengan metode deskriftip analisis. Dari hasil analisis yang didapakan, kecepatan motor mengikuti kecepatan referensi dengan sangat baik namun motor hanya mampu menerima beban sampai 25 Nm dari beban yang telah disediakan yaitu 10 Nm, 15 Nm, 20 Nm, 25 Nm, dan 30 Nm. Kecepatan motor dipengaruhi oleh saat pemberian beban dimana semakin besar beban yang diberikan kecepatan motor akan semakin lambat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Simulink, Mattlab, Penyearah Terkontrol, Motor DC Shunt, Pengaturan kecepatan motor DC.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:02
Last Modified: 18 Feb 2021 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21071

Actions (login required)

View Item View Item