PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia Linn) DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR TERHADAP MOTILITAS, VIABILITAS DAN ABNORMALITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA PENYIMPANAN SUHU RUANG

FITRIA, NINGSIH PUSPITA WULANDARI (2021) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia Linn) DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR TERHADAP MOTILITAS, VIABILITAS DAN ABNORMALITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA PENYIMPANAN SUHU RUANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REVISI FITRIA PW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di dua tempat, yaitu di Batu Ringgit dan di Laboratorium Pusat Unggulan Biosains dan Bioteknologi Fakultas MIPA Universitas Mataram dari bulan September sampai Oktober 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak buah mengkudu pada pengencer tris kuning telur dalam mempertahankan kualitas sperma kambing boer pada penyimpanan suhu ruang. Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratorik menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 kali ulangan. Materi yang digunakan adalah spermatozoa kambing Boer dewasa umur 3,5 tahun dan pengencer tris kuning telur dengan menggunakan ekstrak buah mengkudu. Perlakuan yang digunakan adalah ekstrak buah mengkudu masing-masing P0 (0%), P1 (2%), P2 (4%), dan P3 (6%). Variabel yang diamati adalah progresif motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa spermatozoa kambing Boer terbaik adalah pada perlakuan P1 (2%) dengan progresif motilitas 60,00±5,77%, viabilitas 91,75±1,70% dan abnormalitas 6,50±0,5% dengan penyimpanan selama 6 jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ekstrak Buah Mengkudu, Spermatozoa, Tris Kuning Telur, Kambing Boer.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:02
Last Modified: 18 Feb 2021 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21072

Actions (login required)

View Item View Item