PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA

YUNARA, NURMAYA (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNARA NURMAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika yang valid, efektif, dan efisien dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi alat-alat optik untuk meningkatkan penguasaan konsep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Perangkat yang dikembangkan pada penelitian ini adalah silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes penguasaan konsep. Kevalidan perangkat yang dikembangkan diperoleh berdasarkan penilaian angket dari enam validator yaitu tiga validator ahli dan tiga validator praktisi, kemudian kevalidan perangkat dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Keefektifan perangkat diperoleh berdasarkan analisis lembar observasi keterlaksanaan RPP dari tiga orang observer yang kemudian ditentukan dengan menggunakan perhitungan Interjudge Agreement (IJA) dan perolehan nilai N-Gain. Selanjutnya, keefisienan perangkat didapatkan dari hasil uji coba terbatas pada peserta didik kelas XI yang kemudian ditentukan dari respon guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata validitas ahli 3.46 dan validitas praktisi 3.54 dengan kategori sangat baik. Analisis perhitungan keefektifan perangkat yang dikembangkan menunjukkan nilai rata-rata diatas 75% yang berarti perangkat yang dikembangkan sudah baik. Kemudian, perolehan nilai N-Gain dalam uji coba terbatas diperoleh rata-rata 0.47 yang menunjukkan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif. Terakhir, dari respon guru dan peserta didik didapatkan beberapa kendala dari pembelajaran yang telah dilakukan sehingga perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing kurang efisien untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: perangkat pembelajaran, model inkuiri terbimbing, penguasaan konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:02
Last Modified: 18 Feb 2021 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21073

Actions (login required)

View Item View Item