ANALISIS KINERJA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA LEBAH MADU DI DESA BENGKAUNG, KECAMATAN BATULAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Baiq, Wiliani (2021) ANALISIS KINERJA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA LEBAH MADU DI DESA BENGKAUNG, KECAMATAN BATULAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ WILIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis kinerja usaha budidaya lebah madu di Desa Bengkaung; 2) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha budidaya lebah madu di Desa Bengkaung; dan 3) menyusun strategi pengembangan usaha budidaya lebah madu di Desa Bengkaung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Unit analisis pada penelitian ini adalah usaha budidaya lebah madu. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis kinerja dengan menghitung TC, pendapatan, R/C ratio, dan menentukan kualitas madu, analisis SWOT untuk menganalisis faktor internal dan eksternal, serta analisis AHP untuk menganalisis strategi pengembangan. Desa Bengkaung merupakan wilayah yang masyarakatnya banyak membudidayakan lebah madu. Pendapatan peternak lebah di Desa Bengkaung sebesar Rp 168.852, dengan R/C ratio sebesar 1,164, serta kualitas produk yang dihasilkan sudah memenuhi standar kualitas secara umum madu yaitu, kental dan beraroma bunga. Faktor internal yang mempengaruhi usaha budidaya lebah madu di Desa Bengkaung yaitu kekuatan: sumberdaya alam yang mendukung; lokasi budidaya dekat dengan rumah; produk asli tanpa campuran bahan lain; potensi lahan; dan faktor internal yang mempengaruhi yaitu kelemahan: keterbatasan modal; kurang promosi melalui media online; keterbatasan informasi; kurangnya motivasi budidaya lebah madu. Faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu peluang: lebah mudah didapat; peluang pasar yang cukup tinggi; kondisi sosial yang cukup kondusif; meningkatnya permintaan madu, dan faktor eksternal yang memengaruhi ancaman: meningkatnya persaingan antar pembudidaya lebah madu: pasar yang semakin selektif; harga madu kadang tidak stabil serta hama dan penyakit yang menyerang lebah. Usaha budidaya lebah madu di Desa Bengkaung berada pada posisi menguntungkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keyword : budidaya lebah, kinerja, strategi pengembangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:08
Last Modified: 22 Feb 2021 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21088

Actions (login required)

View Item View Item