PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH DAN POSISI PENGAMBILAN STEK TERHADAP PERTUMBUHAN STEK MAWAR (Rosa damascena Mill.)

Yeno, Purwosari (2021) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH DAN POSISI PENGAMBILAN STEK TERHADAP PERTUMBUHAN STEK MAWAR (Rosa damascena Mill.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YENO REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak bawang merah dan posisi bagian stek mawar (Rosa damascena Mill) yang sesuai terhadap pertumbuhan stek batang mawar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, dari bulan Maret 2020 sampai dengan Juni 2020. Rancangan yang di gunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor yaitu faktor pertama konsentrasi ekstrak bawang merah dengan 3 aras yaitu konsentrasi 55%, konsentrasi 65% dan konsentrasi 75%, faktor kedua posisi bahan stek dengan 3 aras yaitu posisi pangkal stek, posisi tengah stek, dan posisi ujung stek, kombinasi kedua aras tersebut menghasilkan 9 interaksi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali, sehingga dipersiapkan 27 unit percobaan. Data dianalisis dengan analisis keragaman pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak bawang merah 55% (k1) dan 65% (k2) menghasilkan stek mawar dengan akar lebih panjang, serta jumlah akar dan jumlah tunas lebih tinggi dari konsentrasi ekstrak 75% (k3). Posisi stek hanya berpengaruh terhadap jumlah tunas. Stek mawar dengan posisi bahan stek bagian pangkal (p1) menghasilkan jumlah tunas yang lebih tinggi dari posisi bahan stek bagian tengah (p2) dan ujung (p3). Interaksi antara konsentrasi ekstrak bawang merah dan posisi bahan stek tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan stek batang tanaman mawar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Konsentrasi ekstrak bawang merah, Stek mawar, ZPT, Posisi pengambilan stek.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:08
Last Modified: 22 Feb 2021 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item