PENGARUH MULSA PLASTIK DAN TUMPANGSARI DENGAN KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA GALUR PADI BERAS MERAH PADA SISTEM IRIGASI AEROBIK

Via, Aulia Insani (2021) PENGARUH MULSA PLASTIK DAN TUMPANGSARI DENGAN KEDELAI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA GALUR PADI BERAS MERAH PADA SISTEM IRIGASI AEROBIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Via--revisi Skripsi 28Jan'2021-Fixed-29Jan'21.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mulsa plastik dan tumpangsari dengan kedelai terhadap pertumbuhan dan hasil padi beras merah pada sistem irigasi aerobik. Rancangan yang digunakan yaitu rancangan split split plot yang terdiri atas tiga blok dan tiga faktor perlakuan, yaitu galur padi beras merah (G) sebagai petak utama (G1= galur G10, G2= galur G21), mulsa plastik (M) sebagai anak petak (M0= tanpa mulsa plastik, M1= dengan mulsa plastik), dan tumpangsari (T) padi-kedelai sebagai anak anak-petak. Dari ketiga faktor tersebut diperoleh 8 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali sehingga didapatkan 24 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan mulsa berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, laju pertumbuhan jumlah daun dan berat 100 gabah berisi, dengan nilai rata-rata lebih tinggi pada padi yang bedengnya ditutupi mulsa plastik, dengan hasil gabah 21,17 g/rumpun dibandingkan tanpa mulsa plastik, dengan hasil gabah 16,19 g/rumpun. Tumpangsari hanya berpengaruh nyata terhadap jumlah daun dan laju pertumbuhan jumlah daun, yaitu lebih tinggi pada tanaman padi yang ditumpangsarikan dengan kedelai dibandingkan padi monokrop, dengan rata-rata berat gabah berisi pada tumpangsari sebesar 21,12 g/rumpun sedangkan pada padi monokrop hanya 16,24 g/rumpun. Di antara dua galur, G10 cenderung mendapatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan galur G21, dengan rata-rata berat gabah berisi pada G10 sebesar 20,53 g/rumpun sedangkan pada G21 sebesar 16,82 g/rumpun. Pada padi tumpangsari dengan kedelai, tanaman kedelai varietas Dena-1 yang disisipkan di antara barisan double-row padi beras merah mampu menyumbangkan hasil panen tambahan berupa polong kedelai, dengan potensi hasil biji sebesar 1,528 ton/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Padi beras merah, Mulsa plastik, Tumpangsari
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:08
Last Modified: 22 Feb 2021 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21092

Actions (login required)

View Item View Item