ANALISIS PEMASARAN AYAM KAMPUNG UNGGUL DI DESA TERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

SAMSUL, HADI (2021) ANALISIS PEMASARAN AYAM KAMPUNG UNGGUL DI DESA TERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SAMSUL HADI B1D016252.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, efisiensi pemasaran dan pendapatan peternak ayam kampung unggul di Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel peternak diambil sebanyak 15 peternak dan sampel pedagang diambil dengan teknik Snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata penghasilan peternak Rp.9.225.007 per peternak/tahun dari pemeliharaan rata-rata 353 ekor. Saluran pemasaran yang ada di Desa Teruwai terdiri dari dua saluran yaitu saluran I dari peternak → pedagang pengecer → konsumen akhir sebesar 33,33% dan saluran II dari peternak → pedagang pengepul → pedagang pengecer → konsumen akhir sebesar 66,67%. Tingkat efisiensi saluran pemasaran,baik saluran pemasaran I maupun saluran II berada diatas 50%, berarti pemasaran tersebut tergolong efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ayam kampung, pendapatan peternak, saluran pemasaran, efisiensi pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:08
Last Modified: 22 Feb 2021 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21101

Actions (login required)

View Item View Item