ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN USAHATANI PERKEBUNAN RAKYAT SISTEM TANAM MONOKULTUR DAN POLIKULTUR DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

Nasrudin, Nasrudin (2020) ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN USAHATANI PERKEBUNAN RAKYAT SISTEM TANAM MONOKULTUR DAN POLIKULTUR DI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Menganilisis perbandingan total biaya produksi pada usahatani perkebunan rakyat sistem tanam monokultur dan polikultur di Kecamatan Bayan. 2) Menganalisis perbandingan pendapatan usahatani perkebunan rakyat sistem tanam monokultur dan polikultur di Kecamatan Bayan. 3) Menganalisis kendala dan hambatan apa saja yang dihadapai pada usahatani perkebunan rakyat sistem tanam monokultur dan polikultur di Kecamatan Bayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung dengan responden yang berpedoman pada daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara dimana lokasi penelitian ditentukan dengan cara “purposive sampling” dan penentuan jumlah reponden ditentukan dengan teknik “acidental”. Jenis data yang ada dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang besumber dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu menghitung biaya produksi dan pendapatan petani perkebunan tanaman campuran. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1). Rata-rata biaya produksi usahatani kopi robusta yaitu sebesar Rp. 14.729.426 per tahun, rata-rata total biaya produksi pada uahatani pisang sebesar Rp. 33.754.074 per ha per tahun, usahatani pisang vanili dengan total rata-rata biaya produksi sebesar Rp. 31.597.625 per ha per tahun, dan total biaya produksi pada usahatani pisang kopi sebesar Rp.34.192.719 per ha per tahun. 2).Rata-rata total pendapatan usahatani kopi sebesar Rp. 26.437.241 per ha per tahun, rata-rata total pendapatan pada usahatani pisang yaitu sebesar Rp. 149.579.259 per ha per tahun, dan rata-rata total pendapatan pada usahatani pisang vanili yaitu sebesar Rp. 258.402.375 per ha per tahun, dan rata-rata total pendapatan usahatani pisang kopi sebesar Rp. 182.375.908 per ha per tahun. 3). kendala yang di hadapi pada usahatani perkebunan sistem tanam monokultur dan polikultur menghadapi kendala yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Analisis Komparasi Pendapatan Usahatani Perkebunan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:08
Last Modified: 22 Feb 2021 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21102

Actions (login required)

View Item View Item