PERBANDINGAN KEDUDUKAN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) DENGAN PEGAWAI BUMN BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

IMAM, GARDA WIRAPUTRA (2020) PERBANDINGAN KEDUDUKAN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) DENGAN PEGAWAI BUMN BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IMAM GARDA WIRAPUTRA D1A116109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perbandingan Kedudukan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan Pegawai BUMN dilakukan berdasarkan peraturan yang mengaturnya masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tunduk pada UU ASN, dan Pegawai BUMN yang tunduk pada UU BUMN. Penelitian ini adalah penelitian Normatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, pendekatan komparatif, dan pendekatan futuristik dengan teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan. Penyebutan Pegawai atau Karyawan dibedakan dari instansi tempatnya bekerja, biasanya istilah pegawai pada instansi pemerintah, dan karyawan pada instansi swasta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berkedudukan sebagai unsur aparatur Negara, melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan di dalam kontrak perjanjian kerja yang dibuat dibawah naungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara. Tidak jauh berbeda dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjajian Kerja (PPPK), Pegawai Badan Usaha Milik Negara berkedudukan sebagai unsur dari suatu perusahaan negara yang harus melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan di dalam kontrak perjanjian kerja yang dibuat dibawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara. PPPK mengabdi pada Negara sebagai penyelenggara pemerintahan, sedangkan Pegawai BUMN mengabdi pada Negara sebagai penyelenggara perekonomian Negara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kedudukan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, BUMN.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:35
Last Modified: 23 Feb 2021 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21110

Actions (login required)

View Item View Item