PENGARUH KOMBINASI PAKAN TEPUNG CACING LAUT(Nereis sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP POST LARVA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

AGUS, SETIAWAN (2021) PENGARUH KOMBINASI PAKAN TEPUNG CACING LAUT(Nereis sp.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP POST LARVA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AGUS SETIAWAN, C1K016004 - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan udang komersial yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi pakan tepung cacing laut (Nereis sp) yang baik dalam pakan agar diperoleh pertumbuhan yang optimal. Penelitian ini menggunakan larva udang vaname PL 10 mengunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 15 unit percobaan perlakuan tersebut adalah sebagai berikut: P1 = tepung cacing laut 0% dan pakan komersil 100%, P2 = tepung cacing laut 25% dan pakan komersil 75%, P3 = tepung cacing laut 50% dan pakan komersil 50%, P4 = tepung cacing laut 75% dan pakan komersil 25% dan P5 = tepung cacing laut 100% dan pakan komersil 0%. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dihitung menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) pada selang kepercayaan 95%. Kemudian jika ditemukan pengaruh maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan kombinasi pakan tepung cacing laut dapat mempengaruhi pertumbuhan, efisiensi pakan, FCR dan Survival Rate pada post larva udang vaname. Pemberian pakan pada perlakuan P2 (tepung cacing laut 25% dan pakan komersil 75) memberikan pengaruh yang paling baik dalam meningkatkan pertumbuhan post larva udang vaname (Litopanaeus vannamei).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pakan, Udang Vaname, Cacing Laut
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:36
Last Modified: 23 Feb 2021 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21114

Actions (login required)

View Item View Item