PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MOMENTUM DAN IMPULS PESERTA DIDIK

RICCA, VERONICA (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MOMENTUM DAN IMPULS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RICCA VERONICA (E1Q016057).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif yang layak pada materi momentum dan impuls. Pendekatan konflik kognitif merupakan pendekatan pembelajaran di mana terdapat ketidaksesuaian antara pengetahuan baru yang diberikan guru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah 4D Models yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada tahap define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan masalah. Tahap design yaitu merancang produk perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Tahap develop yaitu validasi produk oleh ahli. Tahap disseminate berupa penyebarluasan produk akhir perangkat pembelajaran berupa karya ilmiah yang telah dipublikasikan pada Indonesian Journal of Applied Science and Technology (IJ AST). Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil validasi enam ahli yang dihitung dengan validitas dan reliabilitas perangkat. Selanjutnya dilakukan penyebaran angket respon pada 30 mahasiswa Program Sarjana S1 Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Mataram dan 21 peserta didik kelas XI dan XII jurusan MIA yang telah mempelajari materi momentum dan impuls. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli menunjukkan bahwa hasil pengembangan perangkat pembelajaran memiliki kriteria sangat valid dan reliabel pada silabus, RPP dan LKPD dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang dikembangkan. Hasil respon mahasiswa dan peserta didik menunjukkan respon sangat baik sehingga, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah momentum dan impuls peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, pendekatan konflik kognitif, kemampuan pemecahan masalah, momentum dan impuls.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:36
Last Modified: 23 Feb 2021 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item