PENGEMBANGAN PERANGKAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN RETENSI FISIKA PESERTA DIDIK

SYARI’ATUL, FITRIA (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN RETENSI FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYARI'ATUL FITRIA (E1Q016064).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat dengan model pembelajaran advance organizer untuk meningkatkan penguasaan konsep dan retensi fisika peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, peta konsep, instrumen tes penguasaan konsep dan retensi fisika. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (define, design, develop & disseminate). Penelitian ini dibatasi hanya pada tahap pengembangan yaitu validasi oleh validator dengan data pendukung berupa respon mahasiswa dan peserta didik terhadap perangkat yang dikembangkan. Hasil validasi menggunakan CVR dan CVI menunjukkan perangkat termasuk kategori sangat layak. Hasil respon menunjukkan persentase rata-rata 99% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika dan diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep serta retensi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat pembelajaran Fisika, Model Pembelajaran Advance Organizer, Penguasaan Konsep Fisika, Retensi Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:36
Last Modified: 23 Feb 2021 04:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21116

Actions (login required)

View Item View Item