PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK

YULIANA, HUSNIATI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Yuliana Husniati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, serta efisiensi media interaktif berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan desain menggunakan model 4D. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam mengacu pada langkah-langkah pengembangan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik yang dikembangkan terdiri dari media interaktif, silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif (KBK). Pengumpulan data dilakukan melalui validasi media interaktif dan perangkat pembelajaran oleh validator, angket respon peserta didik serta uji coba terbatas. Hasil validasi media interaktif dan perangkat pembelajaran mencapai rata-rata nilai validitas 89,81% dengan kriteria sangat valid. Respon peserta didik memperoleh nilai > 80% dengan kriteria tertarik, Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik valid, efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pengembangan media pembelajaran interaktif, model problem based learning, kemampuan berpikir kreatif fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:37
Last Modified: 23 Feb 2021 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21123

Actions (login required)

View Item View Item