PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Susi, Susanti (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUSI SUSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Abstrak - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika model problem based learning pada materi gerak melingkar untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran daring, lembar kerja peserta didik, dan instrumen tes hasil belajar. Validitas produk dinilai oleh enam validator dengan analisis skala likert. Selanjutnya kepraktisan ditentukan dari hasil observasi melalui lembar keterlaksanaan kegiatan dan respon peserta didik dan efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk mendapatkan nilai N-gain. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata diatas 3.00 dengan kategori baik. Kemudian hasil observer menunjukkan rata-rata keterlaksanaan kegiatan diatas 75 % dengan kategori baik respon peserta didik rata-rata di atas 2,50 dengan kategori baik. Lalu hasil rata- rata uji N-gain didapatkan nilai 0.35 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran fisika model problem based learning pada materi gerak melingkar valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, model Problem Based Learning, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:37
Last Modified: 23 Feb 2021 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item View Item