PENGARUH PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SAMARA LOMBOK TAHUN AJARAN 2019/2020.

RIZKI, AMALIA (2021) PENGARUH PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SAMARA LOMBOK TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
rizky amalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dari kemampuan sosial emosional yang dikategorikan mulai berkembang di PAUD Samara Lombok. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi- eksperimen berbentuk one group pre-test post-test design. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan permainan congklak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang perkembangan sosial emosional anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 anak berusia 5-6 tahun di Paud Samara Lombok. Teknik analisis data menggunakan uji uji t antara pre-test dan post-test dengan taraf kesalahan 5%. Sebelum perlakuan di dapatkan nilai rata-rata pre-test 19,2 dan setelah perlakuan didapatkan peningkatan nilai rata-rata post-test menjadi 29,6. Hasil uji t menunjukkan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Congklak, Kemampuan sosial emosional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:41
Last Modified: 25 Feb 2021 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21147

Actions (login required)

View Item View Item