PENGARUH MEDIA FUN THINKERS BOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V MIN 3 LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

IMAM, HAMZAN WIJAYA (2021) PENGARUH MEDIA FUN THINKERS BOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V MIN 3 LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fun thinkers book terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V MIN 3 Lombok tengah tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode Eksperimen tipe Quasi Experimental Design tipe Nonequivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur pemahaman konsep dan observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media fun thinkers book. Nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen sebesar 73.15, kelas kontrol sebesar 63.96. Data hasil belajar postest dianalisis menggunakan uji non parametrik, diperoleh hasil nilai Sig.2-tailed< 0,05 (0.012 < 0,05) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti ada perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media fun thinkers book terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V MIN 3 Lombok tengah tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media fun thinkers book, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:49
Last Modified: 01 Mar 2021 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21151

Actions (login required)

View Item View Item