LITTER SIZE DAN BOBOT BADAN ANAK KAMBING PERAH PERANAKAN ETTAWA (PE) PADA KELOMPOK TANI TERNAK DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

NENSI, KASMARDIANTI (2021) LITTER SIZE DAN BOBOT BADAN ANAK KAMBING PERAH PERANAKAN ETTAWA (PE) PADA KELOMPOK TANI TERNAK DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NENSI KASMARDIANTI (B1D016191).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui litter size dan bobot badan anak kambing PE yang ada pada Kelompok Tani Ternak Batur Rate yang berada di Desa Ubang dan Kelompok Tani Ternak Nikmat Bareng 1 yang berada di Desa Jelantik di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei-Juni 2020 dengan menggunakan metode survey. Penentuan desa penelitian dengan cara dipilih langsung karna hanya di dua desa tersebut terdapat kelompok tani ternak yang memelihara kambing PE. Responden ditentukan dengan metode sensus, yaitu diambil semua anggota kelompok tani ternak sebagai responden (12 responden) karna jumlah anggota kelompok tani ternak yang sedikit. Data litter size dan bobot badan anak kambing ditentukan dan diukur secara sensus, yaitu semua ternak kambing PE yang dipelihara petani peternak diukur datanya karena populasi kambingnya sedikit. Penelitian ini menggunakan 9 ekor induk kambing PE betina yang laktasi. Periode laktasi 3 kali 2 ekor dan masa laktasi 1-5 bulan, periode laktasi 4 kali 7 ekor dengan masa lektasi 1-5 bulan. 4 ekor induk dengan litter size masing- masing 2 ekor anak kambing PE dan 5 ekor induk dengan litter size masing-masing 1 ekor anak kambing PE. Data dianalisis menggunakan Aritmatic Mean dan Standar Deviasi dengan Spreadsheet MS.Excel 2007 dan dijelaskan secara deskriftif. Dari hasil penelitian yang diperoleh rata-rata Litter size pada kelompok tani ternak Batur Rate dengan umur induk >2,5-2,5 tahun yaitu sebesar 2,0 ekor dan induk berumur >3 tahun yaitu1,3 ekor, sedangkan pada kelompok tani ternak Nikmat Bareng 1 induk yang berumur >2,5-3 tahun yaitu 2,0 ekor. Rata-rata Litter size di Kecamatan Jonggat yaitu sebesar 1,8±0,5 ekor atau bekisar antara 1.2-2.3. Rata-rata bobot badan kambing dengan induk yang berumur >1,5-2,5 tahun memiliki bobot badan anak kambing jantan dan betina sebesar 0 kg dan 5,0 kg dan induk yang berumur >3 tahun memiliki bobot badan anak kambing jantan dan betina sebesar 12,8 kg dan 17,0 kg pada kelompok tani ternak Batur Rate, sedangkan pada kelompok tani ternak Nikmat Bareng 1 dengan induk berumur >2,5-3 tahun memiliki bobot badan anak kambing jantan dan betina sebesar 5,00 kg dan 5,00 kg. Rata-rata bobot badan anak kambing di Kecamatan Jonggat yaitu sebesar 5,9±5,0 kg atau bekisar antara 0,9-11 untuk anak kambing jantan dan 9,0±7,7 kg atu bekisar antara 1,3-16,7 untuk bobot badan anak kambing betina.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kambing PE, Kelompok Tani Ternak, Litter size dan Bobot Badan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:49
Last Modified: 01 Mar 2021 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21158

Actions (login required)

View Item View Item