STUDI IMOBILISASI ENZIM LIPASE DARI KECAMBAH BIJI KEMIRI (Aleurites moluccana (L.) Wild) DENGAN METODE PENJEBAKAN MENGGUNAKAN GEL POLIAKRILAMIDA

ZELLA, YAUMIN NASRY (2020) STUDI IMOBILISASI ENZIM LIPASE DARI KECAMBAH BIJI KEMIRI (Aleurites moluccana (L.) Wild) DENGAN METODE PENJEBAKAN MENGGUNAKAN GEL POLIAKRILAMIDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZELLA YAUMIN NASRY G1C 016 049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada umumnya enzim lipase digunakan dalam bentuk enzim lipase bebas yang hanya bisa dipakai satu kali kurang efektif, sehingga memerlukan banyak biaya. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan penggunaan enzim lipase tersebut dapat dilakukan imobilisasi enzim yang memungkinkan dalam penggunaannya dapat digunakan berulang-ulang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas ekstrak kasar enzim lipase dan enzim lipase yang diimobilisasi, serta untuk mengetahui kestabilan enzim lipase terimobilisasi dengan penggunaan berulang. Dalam penelitian ini dilakukan isolasi enzim lipase dari kecambah biji kemiri (Aleurites moluccana (L.) Wild). Enzim lipase yang diperoleh diimobilisasi dengan metode penjebakan menggunakan gel poliakrilamida. Enzim lipase imobil dikarakterisasi untuk menentukan suhu optimum, pH optimum dan stabilitas enzim lipase imobil pada penggunaan berulang dengan berbagai konsentrasi. Didapatkan hasil aktivitas ekstrak kasar enzim lipase kecambah biji kemiri sebesar 2,32 U/mL dan aktivitas enzim lipase terimobilisasi dalam gel poliakrilamida konsentrasi 6%, 8%, dan 10% secara berturut-turut 2,133; 2,259; dan 2,311 U/mL. Suhu optimum enzim lipase imobil adalah 30 C dan pH optimum 7,5. Penentuan nilai efisiensi imobilisasi enzim lipase imobil dengan konsentrasi gel polikarilamida 6%, 8%, dan 10% pada pemakaian lima kali pengulangan mendapatkan hasil berturut-turut 49,49%, 72,604% dan 86,53%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa enzim lipase imobil dari kecambah biji kemiri (Aleurites moluccana (L.) Wild) dengan metode penjebakan menggunakan gel poliakrilamida 10% dapat mempertahankan kestabilannya dalam lima kali penggunaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: enzim lipase, imobilisasi, metode penjebakan, poliakrilamida.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:58
Last Modified: 01 Mar 2021 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item