STRATEGI PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG DI DESA PRABU KAWASAN SEKITAR KEK MANDALIKA(KAWASAN INTI 2) KABUPATEN LOMBOK TENGAH

J A L A L U D I N, J A L A L U D I N (2021) STRATEGI PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG DI DESA PRABU KAWASAN SEKITAR KEK MANDALIKA(KAWASAN INTI 2) KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH FULL TESIS - JALALUDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika memiliki luas 1.035,67 Ha yang terletak dalam wilayah Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini selanjutnya dikatakan sebagai Kawasan Inti 1. Dan Wilayah Kawasan Sekitar KEK Mandalika dengan luas 3.778,83 Ha yang kemudian di sebut sebagai Kawasan Inti 2. Kawasan-kawasan yang berada di Kabupaten Lombok Tengah ini memiliki permasalahan Tata Ruang terutama mengenai ketidaksesuaian pemanfaatan ruang terhadap rencana dan pengendaliannya.. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi pengendalian pemanfaatan ruang yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ruang di kawasan sekitar KEK Mandalika khususnya dan Kabupaten Lombok Tengah umumnya.. Hasil penelitian menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), menunjukkan bahwa Penertiban dan Penegakan Hukum mendapatkan prioritas tertinggi dengan nilai 0,419, Pendekatan dan Sosialisasi Masyarakat diurutan kedua dengan nilai 0,272, Percepatan Pembangunan Daerah Wisata dengan nilai 0,158, Relokasi Lapangan Pekerjaan dengan nilai 0,151.Kesimpulanya, Penertiban dan Penegakan Hukum) merupakan prioritas utama dalam penanganan permasalahan ruang di Kawasan KEK dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi, Pengendalian Pemanfaatan Ruang, SWOT dan Ahp
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:58
Last Modified: 01 Mar 2021 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21185

Actions (login required)

View Item View Item