MENGEMBANGKAN KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA OTAK DESA LOMBOK TENGAH TAHUN 2020

Lili, Fitri (2021) MENGEMBANGKAN KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA OTAK DESA LOMBOK TENGAH TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LILI FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di Desa Otak Desa Lombok Tengah terkait dengan perkembangan motorik halus anak yang masih belum berkembang optimal. Hal ini dapat dilihat dari kurang optimalnya kemampuan anak dalam menggerakkan jari jemari, kordinasi mata dan tangan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kegiatan finger painting untuk meningkatkan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di Desa Otak Desa Lombok Tengah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting di Desa Otak Desa Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 anak yang terdiri dari 1 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriftif kualitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pengembangan I mencapai nilai rata-rata yaitu 62,5% sedangkan pada tahap pengembangan II mengalami peningkatan dengan nilai rata- rata mencapai 82,95% dan telah melebihi target yang diinginkan yakni 76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mengembangkan kegiatan finger painting dapat meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 tahun di Desa Otak Desa Lombok Tengah tahun 2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Finger Painting, Motorik Halus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:58
Last Modified: 01 Mar 2021 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21187

Actions (login required)

View Item View Item