PENGARUH TAMBANG RAKYAT TERHADAP AKTIVITAS PETANI DAN DINAMIKA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Sadli, Sadli (2021) PENGARUH TAMBANG RAKYAT TERHADAP AKTIVITAS PETANI DAN DINAMIKA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sadli 26 Januari 2021 FIKS DIJILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah sumber daya emas di Indonesia menyebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Beberapa lokasi penambangan emas yang ada di Indonesia salah satunya tambang emas Martabe di Tapanuli Selatan Sumatra Utara. Penambangan emas di Indonesia juga tersebar sampai di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) . Salah satu tambang emas yang terdapat di Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu tambang emas Batu Hijau di Pulau Sumbawa. Sebelum adanya tambang rakyat, kegiatan pertanian di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat berjalan sebagaimana mestinya. Namun setelah adanya tambang rakyat di Kecamatan Sekotong yang muncul pada tahun 2008, kegiatan pertanian di Kecamatan Sekotong menjadi berkurang karena sebagian besar para petani pergi melakukan penambangan emas. Sebelum adanya tambang rakyat, secara umum dinamika kelompok tani yang ada di Kecamatan Sekotong berjalan dengan baik. Begitupun setelah adanya tambang rakyat, dinamika kelompok di Kecamatan Sekotong tetap berjalan seperti biasanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pertambangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:58
Last Modified: 01 Mar 2021 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21192

Actions (login required)

View Item View Item