SELF EFFICACY, MOTIVATION AND STUDENTS ACHIEVEMENT IN EFL: MIXED-METHOD STUDY THE AT FIRST GRADE OF STUDENTS MTS NW TANAK MAIK IN ACADEMIC YEAR 2019/2020

ERNA, YUNITA NOPITASARI ORA (2021) SELF EFFICACY, MOTIVATION AND STUDENTS ACHIEVEMENT IN EFL: MIXED-METHOD STUDY THE AT FIRST GRADE OF STUDENTS MTS NW TANAK MAIK IN ACADEMIC YEAR 2019/2020. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS ERNA YUNITA NOPITASARI ORA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi diri dan motivasi terhadap pencapaian siswa kelas 7 di mata pelajaran EFL di MTs NW Tanak Maik, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 67 siswa. Pengambilan data menggunakan kusioner motivasi berdasarkan teori ARCS yang telah dikembangkan oleh Keller (2010). Sedangkan untuk mengukur efikasi diri, penelitian ini mengunakan General Efficacy Scale (GSE), Selanjutnya untuk nilai pencapaian menggunakan nilai akhir (rapot). SPSS versi 24 digunakan pada penelitian ini untuk menghitung deskriptif statistik dan inferensial statsitik (Pearson product moment dan korelasi berganda). Hasil penelitian menunjukan (1) tidak ada hubungan yang signifikan antara self efikasi dan pencapaian siswa hal ini dapat dilihat pada r significant < 0.05% or 0.030 < 0.05. hubungan keduanya sangat lemah dan koefisien korelasi berada pada 0.030 yang artinya semakin tinggi efikasi diri semakin tinggi pula pencapaian siswa. (2) tidak ada hubungan antara motivasi dan pencapaian siswa rsignificant > 0.05% or 0.581 > 0.05%. (3) tidak ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri, motivasi terhadapa pencapaian siswa di EFL, hal ini di tunjukan pada signifikan F sebesar 0.096 > 0.05 atau dengan kata lain signifikan F lebih besar dari 0.05 dengan jumlah siswa 67 menggunakan taraf 0.05% menjadi 64 siswa (67-2-1=64). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa alternative hipotesisi (Ha): ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri, motivasi terhadap pencapaian siswa ditolak. Sedangkan Null hipotesis (Ho): tidak ada ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri, motivasi terhadap pencapaian siswa diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Self-Efficacy; Motivation; Achievement
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:38
Last Modified: 02 Mar 2021 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21209

Actions (login required)

View Item View Item