STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VI SD NEGERI 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SYAMSUL, HIDAYAT (2021) STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VI SD NEGERI 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYAMSUL HIDAYAT...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas VI SD Negeri 30 Ampenan semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah Kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas VI SD Negeri 30 Ampenan. Data diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data dari Miles dan Huberman. Secara spesifiknya data yang sudah dikumpulkan kemudian melalui proses kondensasi yang kemudian digunakan sepenuhnya dan disajikan dengan cara sistematis agar mudah dipahami secara menyeluruh. Setelah melihat hasil dari kondensasi data, penarikan kesimpulan dilakukan untuk mengetahui tahapan hingga proses implementasi pembelajaran daring yang dilaksanakan. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pemebelajaran daring yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan memanfaatkan media online WhatsApp sebagai sarana penyampaian materi maupun tugas kepada siswa dengan cara guru guru memberikan intruksi kepada siswa untuk mempelajari serta mengerjakan beberapa jumlah soal yang terdapat pada buku tema yang sudah dibagikan. Namun terkadang timbul hambatan dan permasalahan pada saat melaksanakan proses pembelajaran daring seperti sarana dan prasarana pendukung keberlangsungan pembelajaran daring, kuota belajar serta jaringan internet. Untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada saat melaksanakan pembelajaran daring, guru mensiasatinya dengan cara mengunjungi siswa kerumahnya untuk memberikan materi serta tugas secara langsung atau meminta siswa untuk datang langsung kesekolah agar mempermudah mereka dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Studi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:38
Last Modified: 02 Mar 2021 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21210

Actions (login required)

View Item View Item