HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TAHUN AKADEMIK 2020/2021

SYUKRAN, MAULANA HABIBI (2021) HUBUNGAN SELF ESTEEM DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TAHUN AKADEMIK 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Syukran Maulana Habibi E1R016089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara self esteem dengan prestasi belajar mahasiswa (2) hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mahasiswa (3) hubungan antara self esteem dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam mengkajinya. Populasi penelitian ini mahasiswa program studi pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram dengan jumlah sampel 120 mahasiswa dimana teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling insidental karena pengambilan data dilakukan secara online menggunakan google form. Pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data self esteem dan kemandirian belajar mahasiswa serta dokumentasi untuk memperoleh data indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah (i) terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dengan prestasi belajar mahasiswa, artinya semakin baik self esteem mahasiswa maka semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai (ii) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mahasiswa, artinya semakin tinggi kemandirian belajar mahasiswa maka semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai (iii) terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar mahasiswa, artinya semakin tinggi self esteem dan kemandirian belajar mahasiswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : self esteem, kemandirian belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21213

Actions (login required)

View Item View Item