PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR KULIT PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM MERAH (Amaranhus tricolor L.)

NURUL, FADHILAH (2021) PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR KULIT PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM MERAH (Amaranhus tricolor L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nurul Fadhilah (E1A016053).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pupuk merupakan kunci kesuburan tanah untuk menggantikan hara yang terisap oleh tanaman. Pupuk terbagi menjadi dua yakni pupuk anorganik dan organik. Penggunaan pupuk anorganik dalam jangka panjang dapat memberikan efek negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair kulit pisang terhadap pertumbuhan tanaman bayam merah, serta mengetahui perlakuan terbaik terhadap pertumbuhan bayam merah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis POC kulit pisang dan faktor kedua adalah lama fermentasi, masing-masing faktor memiliki 4 taraf dengan 3 ulangan. Hasil analisis data menggunakan uji ANOVA menunjukkan bahwa perlakuan lama fermentasi dan dosis POC kulit pisang memberikan pengaruh dan dapat meningkatkan parameter pertumbuhan bayam merah yang meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering, sedangkan perlakuan interaksi lama fermentasi dan dosis POC kulit pisang berpengaruh terhadap hampir semua parameter pertumbuhan, kecuali pada parameter luas daun tidak menunjukkan adanya interaksi. Uji DMRT dengan taraf kesalahan 5% menunjukkan bahwa perlakuan terbaik terhadap tinggi tanaman dan berat basah adalah dosis 8 ml dengan lama fermentasi 15 hari POC dan perlakuan terbaik terhadap jumlah daun dan berat kering adalah dosis 8 ml dengan lama fermentasi 10 hari POC.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-Kata Kunci: POC Kulit Pisang, Lama fermentasi, Dosis, Pertumbuhan Bayam Merah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21214

Actions (login required)

View Item View Item