PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI CACING DARAH (Chironomus sp.) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN NEON TETRA (Paracheirodon innesi)

Djarra, Maullidza (2021) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI CACING DARAH (Chironomus sp.) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN NEON TETRA (Paracheirodon innesi). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ikan neon tetra (Paracheirodon innesi) merupakan salah satu ikan hias yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Warna dari ikan hias dapat dipengaruhi oleh pakan yang dikonsumsi ikan tersebut. Pakan memiliki peran yang sangat penting terhadap sekresi hormon yang terdapat di dalam tubuh ikan untuk menghasilkan dan menyimpan sejumlah pigmen. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari warna ikan adalah dengan memberikan pakan yang mengandung pigmen karotenoid.Oleh karena itu, salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari warna ikan neon tetra adalah dengan memberikan pakan berupa cacing darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian pakan cacing darah dengan dosis yang berbeda terhadap kecerahan warna ikan neon tetra dan untuk mengetahui dosis pemberian pakan cacing darah yang baik untuk kecerahan warna ikan neon tetra. Penelitian ini menggunakan ikan neon tetra sebanyak 150 ekor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental menggunakan Rangkaian Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan, yaitu perlakuan 1 : menggunakan pakan pellet ikan (kontrol), pelakuan 2 : pemberian cacing darah 6% dari bobot tubuh, pelakuan 3 : pemberian cacing darah 8% dari bobot tubuh, pelakuan 4 : pemberian cacing darah 10% dari bobot tubuh, dan pelakuan 5 : pemberian cacing darah 12% dari bobot tubuh. Data yang diperoleh kemudian diuji menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis yang menunjukkan pengaruh berbeda nyata, dilakukan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan cacing darah dengan dosis yang berbeda berpengaruh nyata terhadap kecerahan warna ikan neon tetra. Tetapi, pemberian pakan cacing darah dengan dosis yang berbeda tidak berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan harian dari ikan neon tetra. Pemberian pakan cacing darah dengan dosis 10% (perlakuan 4) memberikan pengaruh terhadap peningkatan kecerahan warna ikan neon tetra terbaik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Neon Tetra, Cacing Darah, Kecerahan Warna Ikan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21216

Actions (login required)

View Item View Item