PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH DELIMA (Punica Granatum) KE DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SEMEN KAMBING BOER PASCA PENYIMPANAN SUHU 5°C

NURHABIBAH, AULIA (2021) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH DELIMA (Punica Granatum) KE DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SEMEN KAMBING BOER PASCA PENYIMPANAN SUHU 5°C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi print nurhabibah aulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kulit buah delima sebagai pengencer semen dalam mempertahankan kualitas spermatozoa Kambing Boer pada penyimpanan suhu 5°C. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental laboratorik dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Sperma kambing Boer dewasa umur 2 tahun diencerkan dengan pengencer Tris-kuning telur yang mengandung kosentrasi ekstrak kulit buah delima 0%, 0.6%, 0.8%, 10%. Variabel yang diamati adalah progresif motilitas, daya tahan hidup (viabilitas) dan abnormalitas spermatozoa. Semen diencerkan dengan pengencer tris kuning telur ayam yang ditambahkan ekstrak kulit buah delima dengan konsentrasi 0% (kontrol), 6%, 8% dan 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak kulit buah delima(Punica granatum) berpengaruh nyata terhadap progresif motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Penambahan ekstrak kulit buah delima (Punica granatum) 10%lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol, 6%, dan 8% dengan rataan motilitas, viabilitas, dan abnormalitas. Dapat disimpulkan bahwa penambahan ekstrak kulit buah delima (Punica granatum) dengan konsentrasi terbaik yaitu pada perlakuan 10% sebagai sumber antioksidan pada pengencer tris kuning telur ayam mampu mempertahankan kualitas spermatozoa kambing Boer pada penyimpanan suhu 5ºC selama 7 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Ekstrak Kulit Buah Delima, Pengencer Tris Kuning Telur, Spermatozoa, Kambing Boer.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item View Item