REDESAIN KUNCI SOCK RATCHET FREEWHEEL MAGNET BERDASARKAN DATA ANTROPOMETRI MEKANIK DI AHASS BRAWIJAYA PT ASTRA INTERNASIONAL TBK-HSO MATARAM

Muhamad, Eldho Gagarin Putra (2021) REDESAIN KUNCI SOCK RATCHET FREEWHEEL MAGNET BERDASARKAN DATA ANTROPOMETRI MEKANIK DI AHASS BRAWIJAYA PT ASTRA INTERNASIONAL TBK-HSO MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir-F1C016067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Ergonomi adalah ilmu, seni, dan penerapan teknologi yang menyerasikan segala fasilitas yang digunakan dengan manusia yang menggunakannya agar dapat penciptakan kenyamanan dan kesehatan saat bekerja maupun istirahat agar kualitas hidup menjadi lebih baik. PT. Astra Internasional Tbk – HSO Mataram melakukan kerjasama Skripsi dengan Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram dengan membuat sebuah alat bantu untuk AHASS agar mempermudah pekerjaan mekanik. Ide yang dipilih ide adalah kunci sock ratchet freewheel magnet pada mata kunci untuk mempermudah penggantian oli mesin pada saat mesin panas, alat didesain berdasarkan data antropometri mekanik dengan desain yang adjustable dan penambahan karet pegangan. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data antropometri tangan dan bagian lain yang berkontak dengan alat. Selanjutnya dilakukan pengambilan data kuisioner Nordic Body Map (NBM) dan denyut nadi Mekanik sebelum dan sesudah dilakukan redesain alat. Setelah itu dibandingkan apakah dengan data antropometri ini dapat mengurangi keluhan musculoskeletal, denyut nadi dan meningkatkan produktivitas para mekanik PT.Astra Internasional Tbk – Honda Sales Operation Mataram (HSO Mataram). Berdasarkan VOB (Voice Of Bussiness) penjualan oli mesin meningkat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa data antropometri memiliki peranan penting dalam redesain kunci sock dengan hasil berupa penurunan nilai denyut nadi sebesar 18,8 %, CVL tidak terjadi kelelahan karena beban kerjanya ringan akan tetapi hasil perhitungannya mengalami penurunan persentase rata-rata dari kunci sock lama 16, 41 % dan 9,81 % untuk kunci sock baru dan penurunan kuesioner Nordic Body Map sebesar 30,5 % , hal ini terjadi karena kunci sock didesain adjustable dan terdapat penambahan jarak cover dengan baut tap oli yang sesui, karet tambahan dan magnet pada mata kunci. Peningkatan produktivitas parsial sebesar Rp 3.456/dpm dan peningkatan produktivitas total sebesar Rp 0.384/jam.dpm. Peningkatan hasil produksi Rp 93.833/hari sehingga voice of bussineess (VOB) tercapai dan meningkat dari rata- rata Rp 186. 667/hari ke Rp 280.500/hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ergonomi, Atropometri, Beban kerja, Produktivitas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21221

Actions (login required)

View Item View Item