PENGARUH PENAMBAHAN FOSFOR PADA MEDIA BUDIDAYA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN BENUR UDANG VANAME (Litopenaues vannamei ) PADA SALINITAS 0 GRAM/LITER

ISMAIL, ISMAIL (2021) PENGARUH PENAMBAHAN FOSFOR PADA MEDIA BUDIDAYA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN BENUR UDANG VANAME (Litopenaues vannamei ) PADA SALINITAS 0 GRAM/LITER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(skripsi) PERTUMBHAN UDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Udang vaname merupakan salah satu jenis udang yang sering dibudidayakan. Hal ini disebabkan udang tersebut memiliki prospek dan profit yang menjanjikan (Babu et al., 2014). Udang ini banyak digemari dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetahui pengaruh penambahan fosfor untuk pertumbuhan udang vaname (Litopenaeus Vannamei) dengan salinitas 0 ppt. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 kali ulangan. Perlakuan yang diterapkan yaitu: Perlakuan 1: 50 ppm kalsium tanpa penambahan fosfor, perlakuan 2: 50 ppm kalsium + fosfor 15 ppm, perlakuan 3: 50 ppm kalsium + fosfor 30 ppm, perlakuan 4: 50 ppm kalsium + fosfor 45 ppm. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan fosfor memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan bobot mutlak pada udang, nilai tertinggi terdapat pada P4 dengan berat 1.07 gram. Pertumbuhan panjang mutlak teringgi terdapat pada P4 dengan nilai tertinggi 5,8 cm. akan tetapi tidak memberikan pengaruh nyata pada ringkat kelangsungan hidup udang vaname. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, penambahan Ca 50 ppm dan Fosfor 45 ppm memberikan penaruh nyata pada tingkat pertumbuhan udang vaname. Tapi tidak memberikan penaruh nyata pada tingkat kelangsungan hidup udang vaname.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Udang Vaname, Fosfor, Tingkat Kelangsungan Hidup
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item View Item