PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS 04 KECAMATAN PUJUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KARUNIA, PERDANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS 04 KECAMATAN PUJUT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARUNIA PERDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan satu hal yang penting dalam matematika, sebab salah satu karekteristik matematika mempunyai obyek yang bersifat abstrak yang dapat menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami sebuah konsep. Peserta didik lebih menyelesaikan soal matematika apabila terlebih dahulu mereka dapat memahami konsepnya. Model pembelajaran Example Non Example digunakan dalam penelitian ini untuk menambah pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2020/2021. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi pada peneltian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Purposive sampling, samplenya adalah kelas IV SDN Barelantan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN Tolot-Tolot sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes tulis . Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posstest, kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data posttest peserta didik. Berdasarkan data hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 2,868 sedangkan ttabel sebesar 2.016 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Terlihat juga dalam proses pembelajarannya peserta didik lebih aktif dan mampu menganalisis materi pelajaran dan membangun pengetahuannya melalui gambar bangun datar yang telah disajikan sehingga memudahkannya dalam memahami konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran Example Non Exmaple, Pemahaman Konsep, Matematika SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:04
Last Modified: 03 Mar 2021 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item