MULTIPLE SEQUENCE ALIGNMENT PADA RANTAI DNA DENGAN ALGORITMA GENETIKA

DEVI, LASTRI (2021) MULTIPLE SEQUENCE ALIGNMENT PADA RANTAI DNA DENGAN ALGORITMA GENETIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Devi Lastri - Skripsi Acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penjajaran sekuens dari tiga atau lebih sekuens biologis seperti DNA dikenal sebagai multiple sequence alignment. Multiple sequence alignment adalah salah satu operasi paling mendasar dalam analisis sequence biologis. Penjajaran sekuens akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk sekuens yang lebih panjang, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian metode heuristik seperti algoritma genetika dalam menyelesaikan permasalahan multiple sequence alignment. Algoritma genetika adalah jenis algoritma iteratif yang memungkinkan pencarian yang efisien dan kuat. Dalam proses algoritma genetika dimulai dengan inisialisasi keadaan awal (populasi), multiple sequence alignment dapat diimplementasikan sebagai matriks n baris dan setiap baris berisi satu sekuens. Dalam penelitian ini digunakan operator algoritma genetika sederhana berupa one-point crossover dan mutasi sederhana dengan melakukan open gap dan reduce gap. Untuk metode seleksi dalam penelitian ini menggunakan metode rank selection. Untuk melihat pengaplikasian algoritma genetika dalam menyelesaikan permasalahan multiple sequence alignment pada penelitian ini dilakukan simulasi terhadap spesies Eugenia salamensis, Eugenia capensis, Eugenia nesiotica, dan Psidium guajava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma genetika mampu menemukan solusi permasalahan multiple sequence alignment.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Algoritma genetika, multiple sequence alignment, operator crossover, operator mutasi, rank selection, DNA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:04
Last Modified: 03 Mar 2021 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item