DETEKSI VIRUS VNN (VIRAL NERVOUS NECROSIS) PADA IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus) ISOLAT LOMBOK MENGGUNAKAN REAL TIME PCR

Aliza, Tinur Awwali (2021) DETEKSI VIRUS VNN (VIRAL NERVOUS NECROSIS) PADA IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus) ISOLAT LOMBOK MENGGUNAKAN REAL TIME PCR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kerapu cantang merupakan salah satu komoditas penting yang memiliki nilai jual yang tinggi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan nilai jual sekitar Rp.70.000/kg nya. Penyebaran kerapu cantang di NTB sangat luas, hampir setiap pembudidaya di Lombok membudidayakan ikan kerapu ini, salah satunya yaitu Dusun Penyambuan Desa Jenggala Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Ikan Kerapu Cantang dijadikan sebagai komoditas budidaya di dusun penyambuan karena memiliki nilai jual yang tinggi dan ikan kerapu cantang relatif rentan terkena penyakit. Penyakit ikan merupakan hal yang paling ditakutkan dalam budidaya, karena dapat merugikan pembudidaya. Penyakit yang sering menyerang ikan kerapu cantang adalah VNN (Viral Nervous Necrosis), salah satu metode yang sering digunakan untuk mendeteksi VNN adalah metode Real Time PCR. Metode Real Time PCR merupakan salah satu metode paling sensitif untuk mendeteksi dan mengukur kuantitas mRNA. Real Time PCR tepat untuk berbagai aplikasi seperti analisis ekspresi gen, penentuan jumlah virus, deteksi organisme yang mengalami mutasi genetik, diskriminasi alel dan genotipe single nucleotide polymorphisms (SNP) sehingga sangat dibutuhkan untuk mendeteksi keberadaan virus pada suatu biota, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kasus dugaan infeksi virus VNN (Viral Nervous Necrosis) pada ikan Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus)yang dibudidayakan di Karamba Jaring Apung di desa Penyambuan, Lombok Utara dengan menggunakan metode Real Time PCR. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Agustus-September 2020. Pengambilan sampel dilakukan di KJA Dusun Penyambuan dan analisis molekuler dilakukan di laboratorium kesehatan dan lingkungan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menjelaskan hasil yang diperoleh dari uji Real Time PCR terhadap 3 sampel yang diambil dengan melihat ada atau tidaknya virus pada organ mata dan otak sampel uji. Hasil pengamatan dengan menggunakan metode Real Time PCR pada tiga sampel uji ikan kerapu cantang dusun Penyambuan menunjukkan hasil negative terinfeksi VNN terlihat dari garis pada grafik yang tidak melewati garis threshold.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus-lanceolatus), VNN, Real- Time PCR
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:05
Last Modified: 03 Mar 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21249

Actions (login required)

View Item View Item