DETEKSI VIRUS INFECTIOUS MYO NECROSIS VIRUS (IMNV) PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI DESA SELENGEN KABUPATEN LOMBOK UTARA MENGGUNAKAN METODE REAL TIME-PCR

Aqidah, Nurul Wahidah (2021) DETEKSI VIRUS INFECTIOUS MYO NECROSIS VIRUS (IMNV) PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI DESA SELENGEN KABUPATEN LOMBOK UTARA MENGGUNAKAN METODE REAL TIME-PCR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1K016019-Aqidah Nurul Wahidah_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomis serta menjadi salah satu sumber devisa Negara. Penyakit sering menjadi masalah utama dalam budidaya udang.Penyakit pada budidaya udang berdampak negatif terhadap ekonomi di beberapa Negara di Asia, Amerika Selatan dan Amerika yang banyak memiliki industri budidaya udang.Infectious Myonecrosis Virus (IMNV) adalah virus yang umum menyerang udang putih (Litopenaeus vannamei) dalam industri budidaya udang di dunia. Penyakit myonecrosisdi Indonesia pertama kali diketahui terjadi pada udang putih dari pertambakan di Situbondo, Jawa Timur pada tahun 2006 dengan prevalensi 11.11% dan gejala klinis serupa dengan kejadian wabah myonecrosis di Brazil pada tahun 2002. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa adanya infeksi virusInfectious Myo Necrosis Virus (IMNV) pada udang vaname (Litopenaeus vannamei) di Desa Selengen, Kabupaten Lombok Utara menggunakanmetode Real Time-Polymerase Chain Reaction (PCR). Metode ini mendeteksi amplifikasi gen target selama proses polymerase chain reaction berlangsung, bukan di akhir reaksi seperti pada PCR konvensional, quantitative-polymerase chain reaction menggunakan fluoresens, dimana peningkatan sinyal amplifikasi gen target selama proses Polymerase Chain Reaction (PCR). Pengumpulan sampel dilakukan di kolam budidaya bioflok milik masyarakat di Desa Selengen, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.Analisis kualitas air dilakukandi Laboratorium Bioekologi Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, sedangkan uji Real Time-PCR dilakukan di Laboratorium Virologi Balai Perikanan Budidaya Laut Sekotong.Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan 6 sampel udang vaname. Hasil uji menunjukkan bahwa 6 sampel udang tersebut negatif terinfeksi virus Infectious Myo Necrosis Virus(IMNV) yang menandakan bahwa prevalensi virus Infectious Myo Necrosis Virus(IMNV) di Desa Selengen 0%. Hal ini dapat diketahui dengan melihat hasil grafik amplifikasi, dimana sinyal fluoresen 6 sampel tersebut tidak mencapai atau melewati garis treshold.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Litopenaeus vannamei, IMNV, Real Time-PCR.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:05
Last Modified: 03 Mar 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21250

Actions (login required)

View Item View Item