KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

DWIANA, PERMATASARI (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dwiana Permatasari (E1R016024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi siswa kelas IX SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2020/2021 dengan minat belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dan instrument yang digunakan berupa angket minat belajar matematika, soal tes kemampuan pemecahan masalah dengan tipe HOTS, dan pedoman wawancara. Hasil pengisian angket melalui google form terdapat 35 siswa kelas IX F yang mengisi angket dengan rincian minat belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah secara berturut-turut adalah 15, 16, dan 4 siswa. Kemudian dengan teknik disproportionate stratified random sampling dipilih 2 siswa pada tiap tingkatan untuk mengerjakan soal tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2020/2021 yang memiliki minat belajar matematika tinggi sangat baik dalam memahami masalah dan menyusun rencana dan baik dalam tahap melaksanakan rencana dan melihat kembali. Siswa dengan minat belajar matematika sedang sangat baik dalam memahami masalah, baik dalam menyusun rencana, dan cukup dalam tahap melaksanakan rencana dan melihat kembali. Sedangkan untuk siswa dengan minat belajar matematika rendah sangat baik dalam memahami masalah, baik dalam menyusun rencana, kurang dalam melaksanakan rencana dan sangat kurang dalam tahap melihat kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, HOTS, Minat Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:05
Last Modified: 03 Mar 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21251

Actions (login required)

View Item View Item