ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN E-LEARNING DI SDN 4 MATARAM

INTAN, DARMAYATI (2021) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN E-LEARNING DI SDN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi-Intan Darmayati-E1E216085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam penerapan e- learningdi SDN 4 Mataram. Penelitian ini merupakan penlitian deskriptif kualitatif.Data diperoleh melalui angket (kuesioner), wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 aspek kesiapan dalam penerapan e-learning,4 aspek dikategorikan siap, sedangkan 2 aspek lainnya dikategorikan belum siap. Adapun 4 aspek yang masuk kategori siap adalah aspek emosional dengan skor skor ̅= 3,93. Aspek kebutuhan memperoleh skor ̅= 4,15. Aspek keterampilan memperoleh skor ̅= 3.93. Aspek pengelolaan e-learning memperoleh skor ̅= 4.16. Sedangkan 2 aspek yang belum siap adalah aspek fisik memperoleh skor ̅ = 2,36dan aspek mental memperoleh skor ̅= 3,05. Hal ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam penerapan e-learning dari 4 aspek yaitu aspek emosional, kebutuhan, keterampilan, dan pengelolaan e-learning dikategorikan siap, tetapi membutuhkan sedikit peningkatan. Aspek fisik dikategorikan belum siap, membutuhkan banyak peningkatan dan aspek mental dikategorikan belum siap, membutuhkan sedikit peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesiapan guru, Penerapan E-learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:05
Last Modified: 03 Mar 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21257

Actions (login required)

View Item View Item