TINJAUAN TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS AUS BERDASARKAN KOEFISIEN KESERAGAMAN AGREGAT DAN KOEFISIEN LENGKUNGAN AGREGAT

AMELIA, CHAERANI (2021) TINJAUAN TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS AUS BERDASARKAN KOEFISIEN KESERAGAMAN AGREGAT DAN KOEFISIEN LENGKUNGAN AGREGAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Amelia Chaerani (F1A016013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam perkerasan jalan, agregat harus mempunyai suatu kekuatan dan kekerasan untuk menghindari terjadinya kerusakan akibat beban lalu lintas. Gradasi merupakan salah satu sifat agregat yang berpengaruh terhadap kualitas campuran aspal. Setiap variasi gradasi memberikan pengaruh yang berbeda-beda terhadap karakteristik campuran. Beberapa indikator yang menunjukkan variasi gradasi adalah koefisien keseragaman agregat dan koefisien lengkungan agregat. Namun belum ada penelitian yang meninjau hubungan antara koefisien keseragaman agregat dan karakteristik Marshall serta hubungan antara koefisien lengkungan agregat dan karakteristik Marshall. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi literatur, dengan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dari hasil penelitian Nono (2018) dan Palenewen, dkk (2019). Dalam penelitian ini, analisa data yang dilakukan berupa analisis regresi dan korelasi dalam menentukan hubungan setiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien keseragaman agregat dan koefisien lengkungan agregat menghasilkan hubungan yang bervariasi dengan sifat volumetrik dan pengujian marshall campuran AC-WC. Koefisien keseragaman agregat pada umumnya memiliki hubungan yang lebih kuat terhadap sifat volumetrik dan pengujian marshall jika dibandingkan dengan hubungan koefisien lengkungan agregat terhadap sifat volumetrik dan pengujian marshall.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : aspal beton lapis aus, gradasi agregat, koefisien keseragaman, koefisien lengkungan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:05
Last Modified: 03 Mar 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item View Item