HASNI, HASNI (2021) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN 1 SIKUR TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI HASNI baruuu gati.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para guru dalam implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru di SDN 1 Sikur. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru di SDN 1 Sikur antara lain penilaian yang rumit, penerapan pendekatan saintifik terutama pada menalar dan mengkomunikasikan kurang terlaksana dengan baik, sulitnya memadukan beberapa mata pelajaran menjadi satu tema yang terpadu, dan kurangnya sarana prasarana di sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu mengikuti pelatihan/workshop mengenai implementasi Kurikulum 2013, bertukar informasi dengan teman sejawat/seprofesi mengenai implementasi Kurikulum 2013, mengerjakan penilaian peserta didik disela-sela jadwal tidak mengajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Kesulitan guru, Implementasi Kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 07:05 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 07:05 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21259 |
Actions (login required)
View Item |