PERENCANAAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) UNTUK LAHAN PEKARANGAN DI PERUMAHAN BTN PENGSONG INDAH, PERAMPUAN KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

MUHAMMAD, ILHAM AKBAR (2020) PERENCANAAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) UNTUK LAHAN PEKARANGAN DI PERUMAHAN BTN PENGSONG INDAH, PERAMPUAN KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR M.ILHAM AKBAR F1A016107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Labuapi adalah salah satu kecamatan dengan pembangunan infrastruktur yang cukup pesat. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan fungsi lahan terbuka hijau menjadi daerah pemukiman padat penduduk. Salah satu kawasan di Labuapi yang terjadi peningkatan jumlah penduduk dan aktivitas pembangunan adalah Perumahan BTN Pengsong Indah. Hal tersebut menyebabkan berkurangnya daerah resapan air hujan yang akhirnya menyebabkan genangan yang dapat mengganggu masyarakat. Perencanaan ini dimulai dengan memperhitungkan curah hujan rerata daerah dengan menggunakan stasiun hujan Parampuan. Pengujian konsestensi data menggunakan metode RAPS. Perhitungan hujan rancangan dengan menggunakan metode log parson tipe III. Perencanaan Lubang Resapan Biopori ini dilakukan berdasarkan hujan rancangan kala ulang 2 tahun dan angka infiltrasi di perumahan BTN Pengsong Indah. Perhitungan biaya pembuatannya tergantung jumlah lubang resapan biopori dan standar upah dan bahan untuk wilayah NTB. Berdasarkan data dan analisis didapatkan kedalaman muka air tanah di BTN Pengsong Indah 1 meter, analisis nilai infiltrasi diperoleh 42,97 cm/jam. Perencanaan lubang resapan biopori sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 12 tahun 2009 dengan diameter 10 cm dan kedalaman 100 cm, dengan biaya sebesar Rp 2.855.000,- untuk masing masing rumah/blok dan untuk biaya seluruh kawasan adalah sebesar Rp. 54.214.000,-.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Lubang Resapan Biopori, Infiltrasi, Anggaran Biaya.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:07
Last Modified: 03 Mar 2021 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item View Item