PENGARUH PERESAPAN AIR HUJAN DENGAN LUBANG RESAPAN BIOPORI DALAM MEREDUKSI BEBAN DRAINASE DI PERUMAHAN PENGSONG INDAH KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

MUHAMMAD, TUNGKIDJANI (2020) PENGARUH PERESAPAN AIR HUJAN DENGAN LUBANG RESAPAN BIOPORI DALAM MEREDUKSI BEBAN DRAINASE DI PERUMAHAN PENGSONG INDAH KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR MUHAMMAD TUNGKIDJANI - F1A016113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bertambahnya penduduk berbanding lurus dengan bertambahnya daerah pemukiman di Kecamatan Labuapi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perubahan penggunaan lahan (land use) yang telah berubah menjadi sarana prasarana pemukiman, jalan beraspal, jalan berpaving yang mengakibatkan kurangnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai daerah resapan air. Berdasarkan hasil survey pendahuluan yang telah dilakukan, didapatkan permasalahan yang terdapat di Perumahan Pengsong Indah adalah tingkat sedimentasi yang tinggi disepanjang saluran sehingga mengurangi kapasitas saluran. Selain itu elevasi perumahan yang lebih rendah dari jalan raya utama sehingga menyebabkan genangan. Lubang Resapan Biopori merupakan lubang berbentuk silindris berdiameter 10 cm yang digali ke dalam tanah, dimana kedalamannya tidak melebihi 100 cm dari permukaan tanah atau tidak melebihi muka air tanah. Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Penelitian di wilayah Perumahan Pengsong Indah ini bertujuan untuk mengetahui besar pemanfaatan LRB dalam mereduksi beban drainase. Berdasarkan analisis, diketahui Jumlah total debit limpasan yang terdapat di Perumahan Pengsong Indah sebesar 0,965 m3 /det. Adapun jumlah LRB yang dapat diterapkan di Perumahan Pengsong Indah adalah sebanyak 10184 Buah. Jumlah air yang dapat diresapkan oleh satu buah LRB di Perumahan Pengsong Indah adalah sebesar 0,0000537 m3 /det. Total debit yang mampu diserapkan oleh LRB adalah sebesar 0,547 m3 /det. Sehingga persentase kemampuan reduksi beban drainase Perumahan Pengsong Indah yakni sebesar 56,68%. Jumlah debit limpasan di Perumahan Pengsong Indah setelah direduksi adalah 0,418 m3 /det. Reduksi beban drainase dipengaruhi oleh laju infiltrasi tanah di lokasi penelitian dan jumlah LRB. Berdasarkan hasil tersebut, membuktikan bahwa penerapan LRB dapat bermanfaat untuk mereduksi beban drainase.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Lubang Resapan Biopori, Infiltrasi, Reduksi Drainase
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:07
Last Modified: 03 Mar 2021 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item