ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMPN 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

GUSTI AYU SINTA INASTUTI, I (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII SMPN 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021 DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI I GUSTI AYU SINTA INASTUTI_E1R016038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada materi pola bilangan siswa kelas VIII SMPN 10 Mataram tahun ajaran 2020/2021 ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masing – masing 2 orang dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik berdasarkan angket gaya belajar, kemudian subjek diberikan tes uraian materi pola bilangan dan dilakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pola bilangan, yaitu (1) siswa dengan gaya belajar visual, melalui tahap memahami masalah dengan tepat dan lengkap, merancang dan memilih strategi penyelesaian dengan tepat dan lengkap, namun terdapat beberapa strategi yang kurang lengkap, menggunakan langkah – langkah penyelesaian pada masalah dengan benar dan hasil benar, namun terdapat beberapa kesalahan interprestasi secara keseluruhan, dan tidak melakukan tahap memeriksa kembali penyelesaian yang didapat. (2) siswa dengan gaya belajar auditorial, melalui tahap memahami masalah dengan tepat dan lengkap, merancang dan memilih strategi penyelesaian dengan tepat dan lengkap, namun terdapat beberapa strategi yang kurang lengkap maupun kurang tepat, menggunakan langkah – langkah penyelesaian pada masalah dengan benar dan hasil benar, namun terdapat beberapa kesalahan interprestasi sebagian maupun keseluruhan, dan melalukan tahap memeriksa kembali penyelesaian yang didapat namun belum maksimal. (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik, melalui tahap memahami masalah dengan tepat dan lengkap, namun terdapat informasi yang diketahui dan ditanyakan kurang tepat dan kurang lengkap, merancang dan memilih strategi penyelesaian dengan kurang tepat dan kurang lengkap, menggunakan langkah – langkah penyelesaian pada masalah dengan benar dan hasil benar, namun terdapat beberapa kesalahan interprestasi secara keseluruhan, dan tidak melalukan tahap memeriksa kembali penyelesaian yang didapat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, dan Pola Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:07
Last Modified: 03 Mar 2021 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item View Item