HALAMAN SAMPUL SIMULASI KOMBINASI BENTUK ROTOR PERMANENT MAGNET SINCHRONOUS GENERATOR 12S8P PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU DI NUSA TENGGARA BARAT

MUHAMMAD, KURNIAWAN (2021) HALAMAN SAMPUL SIMULASI KOMBINASI BENTUK ROTOR PERMANENT MAGNET SINCHRONOUS GENERATOR 12S8P PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU DI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Muhammad Kurniawan_F1B016069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah yang dilintasi oleh pola angin monsunal dan merupakan pulau yang dikelilingi oleh pantai sehingga wilayah Nusa Tenggara Barat menerima hembusan angin yang cukup tinggi. Hal ini dapat berpotensi untuk dipasang turbin angin untuk dapat mengkonversi energi angin menjadi energi listrik atau yang sering disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Wilayah pesisir pantai selatan merupakan wilayah yang dikenal dengan keindahan alamnya namun dibalik itu semua terdapat potensi yang sangat baik untuk pengembangan PLTB. Pada penelitian ini digunakan software Magnet Infolytica 7.5 dengan prinsip pengembangan dimensi generator kemudian di dapatkan medan keluaran yang timbul akibat adanya rotasi rotor stator dan pengaruh medan magnet permanen. Dengan kondisi tersebut sehingga dirasa cocok sebagai salah satu pengembangan penelitian PLTB di Nusa Tenggara Barat. Efisiensi generator yang dihasilkan dengan simulasi kombinasi bentuk rotor PMSG 12S8P menggunakan software Magnet Infolytica 7.5 pada tebal magnet 1 mm memperoleh nilai terendah sebesar 73,299% sedangankan nilai tertinggi pada tebal magnet 7 mm 81,091%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: PLTB, Magnet Infolytica, PMSG, Generator, 12S8P
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:08
Last Modified: 03 Mar 2021 07:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item View Item