PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PARTISIPASI DALAM PEMBANGUNAN (Studi pada Keluarga Pengerajin Perak di Desa Ungga Kecamatan Praya Barat Daya)

Rima, Handayani (2021) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PARTISIPASI DALAM PEMBANGUNAN (Studi pada Keluarga Pengerajin Perak di Desa Ungga Kecamatan Praya Barat Daya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir (F1A 115 004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengaruh status sosial ekonomi keluarga pengerajin terhadap partisipasi dalam pembangunan di Desa Ungga Kecamatan Praya Barat Daya. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertisipasi keluarga pengerajin perak dalam pembangunan di Desa Ungga Kecamatan Praya Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi keluarga pengerajin perak terhadap partisipasi dalam pembangunan di Desa Ungga Kecamatan Praya Barat daya. Dimana hal tersebut ditunjukan oleh adanya pengaruh dari variabel-variabel yang menjadi konstruk atau faktor pembentuk status sosial ekonomi, seperti usia (umur), tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, pengeluaran, jumlah tanggungan dalam keluarga, luas tanah yang dimiliki, partisipasi dalam kegiatan sosialisasi, dan paguyuban. Artinya, faktor usia, pendidikan, pendapatan dan pengeluaran akan berdampak terhadap tingkat partisipasi penegrajin perak dalam setiap kegiatan pembangunan yang diselengarakan oleh pemerintah, baik pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten. Penelitian ini juga menunjukan bahwa faktor- faktor yang mempengaruhi status sosial ekonomi keluarga pengerajin perak antara lain faktor usia, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi (pendapatan, pengeluaran, jumlah tanggungan dalam keluarga, serta luas tanah yang dimiliki), faktor ikatan paguyuban, dan program sosialisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: status sosial ekonomi keluarga, partisipasi pembangunan, pengerajin perak.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:15
Last Modified: 04 Mar 2021 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item View Item