ANALISIS FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SDN 05 AMPENAN

MIFTAHUL, JANNAH (2021) ANALISIS FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SDN 05 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor kesulitan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru dalam menyusun dan mengembangkan meliputi beberapa komponen RPP yaitu: (1) merumuskan indikator pencapaian kompetensi, (2) menentukan model dan metode pembelajaran, (3) menentukan media pembelajaran dan (4) penilaian. Beberapa bentuk kesulitan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut: (1) pemahaman guru dalam menyusun RPP, (2) kemampuan guru dalam menggunakan IT, (3) ketersediaan waktu, (4) karakteristik siswa. Dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 05 Ampenan mengalami kesulitan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Faktor penyebab yang paling berdampak yakni kurangnya pemahaman guru tentang prisip-prinsip dalam komponen penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan ketersediaan waktu yang sangat terbatas dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Faktor Kesulitan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 00:51
Last Modified: 08 Mar 2021 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21275

Actions (login required)

View Item View Item