PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum) UNTUK MENGOBATI BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG DIINFEKSI BAKTERI Aeromonas hydrophila

ANI, LESTARI (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum) UNTUK MENGOBATI BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG DIINFEKSI BAKTERI Aeromonas hydrophila. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentangpengaruh pemberian ekstrak bawang putih (allium sativum) untuk mengobati benih ikan nila (oreochromis niloticus) yang diinfeksi bakteri aeromonas hydrophila. Penelitian ini dilaksanakan selama 14 hari mulai pada tanggal 18 Desember sampai 31 Desember 2019 yang bertempat di Laboratorium Basah Program Studi Budidaya Peraiaran Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan metode eksperimental yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan.Wadah yang digunakan dalam penelitian ini berupa toples berukuran 15 liter dengan volume 10 liter.Wadah yang digunakan berjumlah 15 unit, dimana pada perlakuan satu (P1) menggunakan tanpa perendaman ekstrak bawang putih dan tanpa diinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila, perlakuan dua (P2) tanpa perendaman ekstrak bawang putih dan diinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila, (P3) menggunakan perendaman ekstrak bawang putih dengan konsentrasi 1% dan diinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila, (P4) menggunakan perendaman ekstrak bawang putih dengan konsentrasi 1,5% dan diinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila, (P5) menggunakan perendaman ekstrak bawang putih dengan konsentrasi 2% dan diinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila. Parameter yang diamati selama penelitian meliputi tingkat kelangsungan hidup (SR), relative percent survival (RPS), pengamatan gejala klinis, dan kualitas air.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bawang putih dengan konsentrasi yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup dan relative percent survival (RPS).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : bawang putih, ikan nila, bakteri Aeromonas hydrophila
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 00:51
Last Modified: 08 Mar 2021 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item View Item