PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza) PADA PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN GURAMI (Osphronemus goramy)

DIAN, ANANDA (2021) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza) PADA PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN GURAMI (Osphronemus goramy). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN ANANDA 2020 baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan gurami merupakan salah satu komoditas ikan konsumsi air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Rasa dagingnya yang gurih dan lezat sehingga sangat digemar masyarakat. Ikan ini termasuk salah satu dari 12 komoditas ikan konsumsi air tawaruntuk pemenuhan gizi masyarakat. Temulawak (Curcuma xanthoriza), merupakan jenis tanaman rimpang dan termasuk salah satu jenis tanaman rempah dan obat yang habitat asli Indonesia.Rimpang temulawak (Curcuma xanthorhiza) mengandung zat berwarna kuning (kurkumin), serat, pati, kalium oksalat, minyak atsiri, dan flavonida, zat-zat tersebut berfungsi sebagai antimikroba atau antibakteri, mencegah penggumpalan darah, anti peradangan, melancarkan metabolisme dan fungsi organ tubuh. Penelitian ini dilaksanakan selama45 hari, dimulaitanggal 20 februari sampai 5 april 2020 bertempat di Laboratorium Budidaya Perairan, Program Studi Budidaya Perairan Universitas Mataram. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan (P) 3 kali ulangan (U), sehingga diperoleh 15 unit percobaan. Aspek yang di teliti adalah melihat pengaruh penambahan ekstrak temulawak pada pakan komersil dengan kandungan protein 33%, 5% lemak, 6% karbohidrat. Adapun dosis yang digunakan adalah sebagai berikut: Perlakuan 0 Kontrol (tanpa ekstrak temulawak), Perlakuan 1 Pemberian ekstrak temulawak dengan konsentrasi 14 %/kg pakan, Perlakuan P2 Pemberian ekstrak temulawak dengan konsentrasi 16 %/kg pakan, perlakuan P3 Pemberian ekstrak temulawak dengan konsentrasi 18 %/kg pakan, dan perlakuan P4 Pemberian ekstrak temulawak dengan konsentrasi 20 %/kg pakan. Data yang diperoleh di analisis menggunakan ANOVA pada taraf kepercayaan 95% melalui program SPSS dan uji lanjut menggunakan Duncan untuk mengetahui perlakuan terbaik.Hasil menunjukkan bahwa penambahan ekstrak temulawak pada pakan komersil ikan gurame memberikan pengaruh yang tidak signifikan pada berat mutlak, panjang mutlak, tingkat kelangsungan hidup dan tingkat efisinsi pakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TEMULAWAK, PAKAN BUATAN,PERTUMBUHAN IKAN
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 00:51
Last Modified: 08 Mar 2021 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21282

Actions (login required)

View Item View Item